2010-12-14

GRAMMER II

Kita sudah membahas lima jenis tensis yaitu Simple present Tense, Simple Past Tense, Present Continuos Tense, Past Continuous Tense dan Present Perfect Tense. Saya mengharapkan Anda sudah mengerti dan memahami satu persatu karena masih ada jenis Tensis yang lain yang perlu Anda ketahui. Sengaja saya membuat pelajaran ini terpisah-pisah yaitu dengan sebuah link baru, tujuannya supaya Anda memahami dulu pelajaran yang kemarin. Untuk masuk pada bab ini diharapkan Anda sudah betul-betul mengerti mengenai pelajaran dulu sehingga lebih mudah menangkap penjelasannya nanti pada pelajaran yang baru ini. Dibawah ini saya akan menjabarkan beberapa jenis lagi.
Dimulai dengan contoh kalimat supaya dapat lebih gampang dimengerti. Ok..
Let' start now!

PAST PERFECT TENSE

We had studied English ( Kami telah belajar Bahasa Inggris)
She had finished her homework ( Dia telah menyelesaikan pekerjaan rumahnya)
You had gone when I arrived in your home ( Kamu telah pergi ketika saya sampai di rumahmu)

Ketiga contoh kalimat diatas menggunakan kalimat tensis " PAST PERFECT TENSE" yaitu kalimat yang mengandung arti bahwa perbuatan telah dilakukan. Kalau melihat maksud kalimat ini pasti Anda mengira sama dengan Simple Past Tense karena sama-sama telah dilakukan pada waktu yang lalu. Sebenarnya memang mirip tapi ada bedanya. Perbedaanya seperti yang dijelaskan pada pelajaran Present Perfect Tense bahwa di kalimat tensis yang ber"PERFECT" maka berarti pengertian kalimatnya sudah dilakukan secara sempurna yaitu sudah dilakukan.
Nah untuk Past Perfect Tense itu sendiri mengandung arti kalimat yang menyatakan perbuatan sebelum masa lampau. Mungkin masih bingung ya..kayaknya akan lebih jelas kalau saya bilang begini:
Past Perfect Tense adalah bentuk lampau (Past) dari Present Perfect Tense, makanya disebut Past Perfect Tense, sama-sama Perfectnya! Gimana jelas..?

Mari kita tinjau contoh kalimat diatas no 3 " You had gone when I arrived at your home"
Artinya "Kamu telah pergi ketika saya datang ke rumah kamu". Pada waktu itu Saya datang ke rumah kamu tapi kamu sudah pergi. Artinya ada dua tensis disini yaitu keadaan masa lalu dimana ada perfect yaitu you had gone dan satu lagi bentuk past yaitu I arrived at your home. Gimana makin jelas kan..? Agak susah menerangkan dengan kalimat yang gamblang tapi mudah-mudahan ini sudah sudah super jelas dibanding ketika guru kamu menjelaskan di kelas iyakan...
Ok sekarang kita buat rumusnya
S + Had + K.kerja ke 3 + Obyek Kata bantu kerja had berlaku untuk semua subyek.

PRESENT PREFECT CONTINUOS TENSE

She has been studying English for two hours ( Dia belajar bhs Inggris sudah selama dua jam)
You have been living here since three years ago ( Kamu tinggal disini sudah sejak tiga tahun yang lalu)

Contoh kalimat diatas adalah "PRESENT PERFECT CONTINUOS TENSE" yang mengandung arti bahwasanya suatu perbuatan yang dilakukan pada waktu lalu namun masih tetap berlangsung. Menggunakan continuos karena sedang berlangsung dan menggunakan perfect karena kejadiannya berlangsung dulu atau masa lampau yang berindikasi sudah. Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan present continuous tense yang sudah kita bahas dalam blog kemarin hanya saja disini disisipkan perfect sehingga mungkin artinya lain dan bisa membingungkan Anda. Untuk menjadi bisa saya tekankan jangan terlalu bingung dengan jenis tensisnya tapi gunakan rumus yang berlaku sehingga Anda bisa menggunakan kalimat dengan benar.
Rumusnya adalah Subyek + has/have + been + k.kerja+ing

PAST PERFECT CONTINUOUS TENSE

We had been studying English Kami sudah belajar bahasa Inggris (disini tidak diterangkan keterangan waktunya tetapi dengan melihat had been dan kt kerjanya yang menggunakan ing maka jelas kalimatnya menerangkan kejadian yang sudah dilakukan dan masih dilakukan pada saat itu sampai sekarang)
She had been watching television for three hours (Dia sudah menonton televisi selama tiga jam)

Contoh kalimat diatas adalah PAST PERFECT CONTINUOUS TENSE yang artinya kalimat yang kejadiannya berlangsung pada saat dulu dan masih berlangsung pada waktu itu sampai sekarang. Lho kok sama dengan tensis sebelumnya?. Ya memang mirip tapi lihat kata bantu kerjanya, had yang tentu kita sudah paham maksudnya yaitu kejadian dulu sebelum dulu.
Rumusnya Subyek + had + been + kt.kerja+ing

Catatan Penting





Penulisan " kejadian yang berlangsung pada waktu lampau atau kejadian yang berlangsung dulu" yang sering penulis ungkapkan dalam pengertian TENSIS bukan berarti jaman dulu atau kejadiannya sudah lama melainkan disini pengertiannya adalah waktu sebelum sekarang atau bukan sekarang, bisa satu menit yang lalu, satu jam yang lalu satu bulan yang lalu dsb. Supaya dapat dipahami...ok!

PRESENT FUTURE TENSE

I will go to school
She will visit her mother in Jakarta
We shall attend your party tonight

Kalimat diatas berbentuk Simple Present Future Tense yang artinya menyatakan perbuatan yang akan dilakukan nanti atau besok atau lusa dsb. Makanya dipakai kata Will atau Shall yang berarti akan. Shall biasanya digunakan untuk subyek I dan We. Tapi itupun sebenarnya jarang dipakai. Orang biasanya lebih menggunakan Will daripada Shall.
Rumus : Subyek + will/shall + Kt. kerja

PAST FUTURE TENSE

I would go to school
She would visit her mother in Jakarta
We should attend your party tonight

Kalimat ini berbentuk Past Future Tense yang merupakan bentuk lampau dari Present Future Tense makanya will diganti dengan would. Artinya perbuatan yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang tetapi kejadiannya pada waktu lampau.
Rumus yang dipakai adalah Subyek + would/should + kt kerja

FUTURE CONTINUOS TENSE

I will be going to school at 7 tomorrow morning (Saya akan pergi ke sekolah jam tujuh besok pagi)
She will be here on saturday to pick up her mother (Dia akan ada disini pada hari sabtu untuk menjemput ibunya)

Nah dari kalimat diatas jelas kan bahwa Future Continuous Tense adalah kalimat yang menyatakan perbuatan yang akan datang dan kejadiannya saat itu juga sedang berlangsung. Bingung nggak? Nggak usah bingung-bingung pokoknya dengan patokan will yang disambung be maka artinya tak beda jauh dengan kalimat future tense biasa tetapi ada pernyataan disini yang menandaskan suatu kepastian akan sesuatu yang terjadi esok.
Rumusnya adalah Subyek + will/shal + be + k. kerja +ing

Selain tensis diatas masih ada lagi tensis lain yang berhubungan dengan keadaan masa yang akan datang seperti Future Perfect Tense, Future Perfect Continuous Tense, Past Future Perfect Tense, Past Future Perfect Continuous Tense. Untuk memahami tenses-tensis itu Anda tinggal melihat pengertian dari tensis sebelumnya yang menunjukkan keadaan masa lalu. Anda tinggal mengubah pengertiannya yaitu antara past dan future. Itu saja!l Dalam percakapan, tensis-tensis ini memang jarang digunakan mungkin karena terlalu jlimet kali ya tapi biasanya para guru atau the Test Institution sering memasukkannya dalam uji tes atau grammer test. Nah karena itu Andapun diwajibkan untuk tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar