2010-12-13

GRAMMER I

Kita sudah mengenal to be yang merupakan kata bantu kerja. Sudah dibahas dengan detail sehingga Anda seyogyanya mengerti betul pengertian to be itu sendiri. Sekarang saya akan menulis tentang GRAMMER yang juga sangat penting untuk diketahui.

SIMPLE PRESENT TENSE

They play football every afternoon ( Mereka bermain bola setiap sore )
He buys souvenirs in the store every month ( Dia membeli sovenir di toko itu setiap bulannya )

Dua contoh di atas adalah kalimat " SIMPLE PRESENT TENSE" dimana kalimatnya menyatakan sesuatu atau menjelaskan keadaan suatu kebiasaan.
Perhatikan contoh yang pertama: They play football every afternoon.
Keterangan waktu " every afternoon" jelas menyatakan suatu kebiasaan. Ciri khas lain bahwa kalimat diatas adalah Simple Present Tense adalah tidak ada to be yang menyertainya diantara subject They dan kata kerja play. Ditambah lagi kata kerjanya adalah bentuk kata kerja pertama.
Maka untuk mempermudah ingatan Anda mengenai SIMPLE PRESENT TENSE rumusnya adalah Subject + Kt.kerja I + object + ket.waktu

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah penggunaan kata kerjanya. Lihat ketentuan yang berlaku dibawah ini
Subject I - You - We - They bertemu kata kerja maka kata kerjanya tidak berubah atau tidak ditambahkan s atau es diujung kata kerjanya.
Sedangkan Subject He - She - It jika bertemu kata kerja maka ada penambahan s atau es di ujung kata kerjanya.
Untuk jelasnya lihat kembali dua contoh kalimat diatas. Perhatikan dan bedakan satu sama lainnya.

SIMPLE PAST TENSE

They played football last week ( Mereka bermain bola minggu lalu )
He bought souvenir last month ( Dia membeli souvenir bulan lalu )

Contoh kalimat diatas adalah contoh kalimat "SIMPLE PAST TENSE" yang menyatakan keadaan dimana kejadiannya sudah dilakukan. Kita simak lagi kalimatnya: They played football last week. Keterangan waktunya last week yang berarti minggu lalu dan kata kerjanya berubah menjadi kata kerja ke 2. Maka rumus untuk membuat kalimat ini adalah Subj + K. kerja 2 + Obj + Ket.waktu

PRESENT CONTINUOUS TENSE

They are playing football now ( mereka sedang bermain bola sekarang)
He is buying a souvenir in the store at this moment ( Dia sedang membeli souvenir di toko itu saat ini

Dua buah contoh kalimat diatas menggunakan kalimat "PRESENT CONTINUOS TENSE" dimana keadaan kalimatnya menyatakan perbuatan yang sekarang dilakukan. Lihat contoh kalimat pertama: They are playing football now.
Keterangan waktunya now yang artinya sekarang. Selalu menyertakan to be baik is, are ataupun am diantara subyek dan kata kerjanya dan ada penambahan ing diujung kata kerjanya. sehingga jika kita buat rumus maka rumusnya adalah: Sub + to be + K.kerja I + ing + Oby + ket.waktu

PAST CONTINUOUS TENSE

They were playing football yesterday
He was buying a souvenir last month

Contoh kalimat diatas menggunakan kalimat"PAST CONTINUOS TENSE" yaitu kalimat yang menyatakan perbuatan yang sedang dilakukan pada waktu lalu. Kita simak lagi contoh kalimat pertama: They were playing football yesterday. Karena bentuknya past maka keterangan waktunya yesterday. Begitupun to be yang dipakai menggunakan were yang berarti to be untuk past yang ber-continuos. Menggunakan to be were karena subyeknya They. Dan tetap menggunakan ing diakhir kata kerjanya karena kalimatnya mengandung pengertian yang sedang berlangsung.
Rumus: Subyek+to be(past)+ kata kerja+ing+ O + k.ket
Perincian:
Subyek I + was
Subyek You +were
Subyek We + were
Subyek He+ was
Subyek She +was
Subyek It +was


PRESENT PERFECT TENSE

They have played football
He has buoght a souvenir

Dua buah kalimat diatas menggunakan kalimat PRESENT PERFECT TENSE yang artinya menyudahkan suatu peristiwa. Tidak dijelaskan keterangan waktunya. Sebenarnya hampir mirip dengan Kalimat past tense bedanya kalau past tense perbuatannya dilakukan pada waktu lampau dan sering dinyatakan dengan keterangan waktu sedangkan perfect tense bisa dikatakan baru saja dilakukan dan penyelesaian tindakannya sempurna sesuai dengan arti dari perfect itu sendiri. Sempurna bukan berarti pekerjaanya bagus atau hasilnya sempurna melainkan sudah terlaksana atau sudah selesai.
Rumus: Subyek + Have/has + K.kerja ke 3 + Obyek
Gunakan to be kata bantu sesuai dengan subyeknya. Misalnya Subyek He harus beriringan dengan Has dst dst...

CEPAT DAN PINTAR HANYA DENGAN MELIHAT BLOG









Tidak ada komentar:

Posting Komentar