2010-12-12

Mengenal Dasar

Selamat berjumpa dengan blog saya, blog khusus untuk Anda yang ingin belajar bahasa Inggris. Disini saya akan membagi ilmu kepada Anda tentang bagamana menguasai bahasa Inggris dengan mudah dan cepat tanpa kursus. Saya akan mengajari sedikit demi sedikit dari dasar sehingga Anda nantinya akan lebih cepat menangkap pelajaran ke tingkat yang lebih mahir.

Ala bisa karena biasa! Itu motto yang harus anda ingat terus ketika masuk pada blog saya ini. Jangan stop ditengah jalan. Dengan gigih belajar dan memahami satu persatu, saya yakin Anda langsung jatuh cinta dengan pelajaran yang satu ini. Ingat bahasa Inggris itu bukan setan atau hantu yang perlu ditakuti, melainkan cuma sekedar bahasa yang harus kita kuasai. Mengapa kamu lancar berbahasa Indonesia..Nah jawabannnya pasti karena kamu sering menggunakan bahasa ini dan menjadi percakapan setiap hari. Lalu bagaimana dengan bahasa Inggris...?

Anda harus melihat anak orang Inggris yang baru berusia sekitar empat tahunan. Mereka mampu menangkap pembicaraan orang tua mereka dengan bahasanya. Dan yang mereka komunikasikan sebatas percakapan biasa seperti kita berbicara kepada orang tua kita atau kepada teman kita. Tapi ketika sang anak beranjak dewasa dengan sendirinya ia bisa mengerti dan memahami bahasa mereka sampai yang tingkat sulit sekalipun.
Jadi disini kita bisa tarik kesimpulan bahwa bahasa tetaplah bahasa. Ia akan menjadi mudah kalau kita gunakan setiap hari. Dan saya kira itu tidak sulit kalau kita sering menggunakannya. Betul kan...

Ingat moto diatas, ALA BISA KARENA BIASA.

Bahasa Inggris bukan matematika. Tidak ada rumus yang bikin njelimet kepala. Pokoknya enjoy dan sungguh menyenangkan. Syarat yang paling utama dan yang harus Anda catat dalam belajar bahasa Inggris ini adalah:
Membuat atau mendaftar kata sebanyak lima kata dalam sebuah buku atau catatan dan itu harus dihapalkan setiap hari.
Ok Nah sekarang mari kita mulai...

Saya akan mengawali pelajaran ini dari diri kita sendiri / subjek yaitu I, You, She, He, We, They, It
Dan akan dibahas satu persatu karena fungsi dan tugas mereka dalam rangkaian kalimat berbeda-beda.

I artinya Saya, bentuk kata ini adalah tunggal
Dalam sebuah kalimat biasanya kata ini sering dibarengi dengan kata kerja atau kata sifat. Misalnya:
I yang dibarengi kata kerja :
I study Saya belajar
I work Saya kerja
I finish saya selesai

I yang dibarengi kata sifat :
I am sick saya sakit
I am weak saya lemah
I am clever saya pintar

Untuk bentuk kepunyaan subjek I menjadi My, contoh: My name is Budi
Is pada kalimat diatas adalah to be. Mengapa menggunakan to be is? Karena subjek my name adalah tunggal. Fungsinya sama dengan It

You artinya kamu, bentuk kata ini adalah jamak
Dalam sebuah kalimat biasanya kata ini sering dibarengi dengan kata kerja atau kata sifat. Misalnya:
You yang dibarengi kata kerja :
you study Saya belajar
You work Saya kerja
You finish saya selesai

You yang dibarengi kata sifat :
You are sick saya sakit
You are weak saya lemah
You are clever saya pintar

Catatan! Ada perbedaan to be diantara kalimat yang menggunakan subjek I dan You. Subjek I jika diikuti kata sifat maka to be-nya adalah am sedangkan subjek You to be-nya adalah are. Ingat rumus itu ya baik-baik..

Untuk bentuk kepunyaan subjek You menjadi Your, contoh: Your name is Budi
Is pada kalimat diatas adalah to be. Mengapa menggunakan to be is? Karena subjek your name adalah tungga
l.

He artinya Dia, bentuk kata ini adalah tunggal
Dalam sebuah kalimat biasanya kata ini sering dibarengi dengan kata kerja atau kata sifat. Misalnya:
He yang dibarengi kata kerja :
He studies Saya belajar
He works Saya kerja
He finishes saya selesai

Perhatikan kata kerja setelah subject. Ada penambahan s atau es. Ini berlaku buat subject He, She, It

He yang dibarengi kata sifat :
He is sick saya sakit
He is weak saya lemah
He is clever saya pintar

Untuk bentuk kepunyaan subjek He menjadi His, contoh:His name is Budi > Namanya adalah Budi
Is pada kalimat diatas adalah to be. Mengapa menggunakan to be is? Karena subjek He adalah tunggal

Melihat ke tiga contoh diatas dengan masing-masing subjec yang berbeda maka kita bisa melihat perbedaan-perbedaannya.
Untuk subject She penggunaannya sama dengan He dan It dimana penggunaan kata kerjanya ditambahkan s atau es dan to benya is
Untuk subject We dan They penggunaannya sama dengan You dimana penggunaan kata kerjanya tanpa penambahan s atau es dan to be-nya adalah are.

Ketetapan diatas berlaku untuk kata sifat kecuali I yang sudah dicontohkan di atas menggunakan am.

Demikian pelajaran mengenal subject, kata kerja, kata sifat, to be, kepunyaan dan penambahan s atau es. Semoga bisa dipahami. Dan memang harus dimengerti dulu supaya Anda gampang melanjutkan pelajaran berikutnya.

cara cerdas belajar bahasa inggris














Tidak ada komentar:

Posting Komentar